Selasa, 01 Desember 2015

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah


Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah - Tadinya habis beli sesuatu di alfamart , eh ternyata di depan trotoarnya selain ada pedagang burger dan es kapucinno ada penjual kue leker jogja . awalnya sih ga ada niatan buat beli , tapi pas baca menunya komplit banget leker pisang , cokelat , keju , kacang dan lain-lain jadi pengin beli . akhirnya beli juga tuh kue leker , waktu itu aku pesen kue leker yang kering dengan isian cokelat , keju dan kacang . ternyata rasanya yummii banget yah , apa lagi kalau di makan masih anget .

Uhh kriuk-kriuk , renyah di luar dengan isian cokelat , keju dan kacang memang mantap bener deh . cocok banget kalau di nikmati dengan teh manis hangat , coffe , ataupun minuman hangat dan minuman dingin lainnya menurut selera anda . kue leker sendiri merupakan kue yang katanya sih berasa dari perancis , tapi aku kurang tahu juga sih . soalnya kue leker dimana-dimana ada sih , dari kue leker jogja , kue leker solo dan lain sebagainya . kalau aku sih tahu nya enak dan gurih aja tuh leker hihihihi .

Oh iya , perlu anda ketahui kalau kue leker itu ada dua jenisnya yaitu kue leker kering dan kue leker basah . kalau kue leker kering ya biasanya isiannya seperti yang sudah aku sebutin tadi di atas . seperti isian dengan coklat , keju , kacang , pisang , stawberry dan lain sebgainya . kalau yang kue leker basah biasanya isiannya telur yang di orak-arik , sosis , ikan tuna dan lain sebagainya . kalau aku sih lebih suka kue leker yang kering , soalnya kalau yang basah sedikit bau amis .

Dalam membuat kue leker sebenarnya ada beberapa versi dan kreasinya , cetakan kue leker yang di pakai juga ada beberapa versi . dari leker yang  di buat dengan wajan kewalik ( kebalik ) , cetakan martabak manis , wajan anti lengket dan lain sebagainya . kalau resep leker yang kami bagikan kali ini , aku pakai cetakan martabak manis biar lebih mudah dalam membuatnya . tapi kalau anda ga punya cetakan martabak manis , anda bisa pakai wajan anti lengket ataupun wajan kewalik .

Soal isian kue leker bisa anda kreasikan sendiri , silahkan isi dengan bahan-bahan yang sesuai dengan selera anda . dalam menuang adonan kue leker harus segera di ratakan ya , agar hasilnya tipis dan bisa renyah . terus saat melipat leker , kue leker jangan sampai kering yah , anda dapat melipat kue leker saat keadaannya masih setengah kering agar hasilnya ga pecah . nah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah

Bahan-bahan Kue Leker Cokelat Kering Renyah :

  • Cokelat bubuk 15 gram
  • Baking powder 3/4 sendok teh
  • Soda kue 1/4 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula pasir halus 1/2 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Susu cair 275 mili liter
  • Cokelat pasta 1/2 sendok teh

Bahan Taburan Kue Leker Cokelat Kering Renyah :

  • Keju cheddar parut 150 gram
  • Meises cokelat 30 gram
  • Pisang secukupnya ( dipotong-potong )
  • kacang ( yang sudah dihaluskan )
  • Susu kental manis secukupnya ( digunakan sebagai olesan )

Cara Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah :

  1. Pertama-tama ayak tepung terigu , cokelat bubuk , baking powder , dan soda kue . tambahkan garam dan gula pasir , aduk hingga rata . sisihkan .
  2. Selanjutnya campurkan telur , susu cair , dan cokelat pasta . aduk hingga rata . lalu tuang sedikit-demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk hingga rata .
  3. Panaskan cetakan martabak manis berdiameter bawah 20 centi meter dan diameter atas 22 centi meter .
  4. Kemudian kuaskan adonan ke dalam cetakan martabak tipis-tipis .
  5. Lalu oleskan tipis susu kental manis putih . taburkan keju parut , pisang , kacang dan meises cokelat di salah satu sisinya . lalu lipat dua dan bisa juga dilipat lagi sehingga berbentuk segitiga . 

Selesai , seperti yang aku katakan tadi diatas jika isian kue leker dapat di kreasinya menurut selera anda . resep ini di buat untuk menghasilkan 8 buah kue leker saja , jika ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan saja aneka bahan-bahan yang dibutuhkan sesuai takaran . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah ini dirumah yah . buka juga informasi aneka resep kue lainnya seperti Resep Membuat Roti Bakar Pisang Special Komplit yang akan sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)
Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar